Budidaya Tanaman Hidroponik

Informasi lengkap tentang cara budidaya tanaman secara hidroponik

Sunday, March 2, 2014

Rumus dan Takaran Membuat Nutrisi Hidroponik (A B Mix)







Tanaman membutuhkan 16 unsur hara yang berasal dari udara dan pupuk. Unsur tersebut diantaranya karbon (C), hidrogen (H), oksigen (O), nitrogen (N), fosfor (P), kalium (K), sulfur (S), kalsium (Ca), besi (Fe), magnesium (Mg), boron (B), mangan (Mn), tembaga (Cu), seng (Zn), molibdenum (Mo) dan khlorin (Cl). Unsur C, H dan O diperoleh dari udara dan air. Unsur hara lainnya didapatkan melalui pemupukan atau larutan nutrisi.

Nutrisi pada tanaman hidroponik biasanya diracik dalam dua bagian yaitu bagian A dan B. Dari 2 bagian ini kemudian di campur air untuk dibuat larutan Stok A dan Stok B, yang kemudian saat menggunakannya dilarutkan dengan air lebih banyak lagi dengan perbandingan tertentu.


Untuk meracik nutrisi (bagian A dan B) tentu ada rumusnya, sehingga dari masing-masing unsur yang dibutuhkan  tanaman terpenuhi sesuai kebutuhan dari tanaman. Rumusnya bagi yang ingin meracik sendiri, file-nya dapat didownload di bawah ini :

Program Komputer Meramu Pupuk hidroponik AB Mix
Passwordnya : budidayahidroponik



14 comments

Salam.., dimana bahan2 dapat dibeli? Terimakasih

Maaf baru sempat bales, AB mix banyak yg jual Pa, di facebook, kaskus, dll banyak yg jual. atau di toko pertanian juga biasanya ada yg jual [ga semua sih].

passwordnya kok gk bisa mas?

Bisa ko Om, coba copy paste aja...

Rumus AB mix tuk sayuran ada nggak mas?

Untuk sayuran sudah termasuk di dalamnya Bu.
Lebih praktis beli Pupuk AB yang sudah jadi kemudian tinggal dilarutkan dengan air sesuai takaran yang dianjurkan atau coba cari artikel di http://budidayahidroponik.blogspot.com/ yang berkaitan dengan meracik pupuk AB Mix

passwordnya ndak bisa mas, mau copas gak bisa klik kanan

Bisa ko Pa, huruf kecil semua and nyambung ya

boleh tau passwordnya....ini sangat bagus

passwordnya : budidayahidroponik

thanks

Happy blogging Mas, mari sebarkan ilmu yg bermanfaat..
Sukses ya...!

Kenapa tidak bisa didownload Pak ?

bagaimana cara downloadnya pak. setiap saya ketik linknya langsung error.

Back To Top