Budidaya Tanaman Hidroponik

Informasi lengkap tentang cara budidaya tanaman secara hidroponik

Sunday, April 6, 2014

Kebutuhan Cahaya pada Tanaman Hidroponik







Kebutuhan Cahaya pada Tanaman Hidroponik menjadi faktor penting, karena merupakan sumber energi terbesar bagi tanaman. Kita tahu bahwa cahaya digunakan untuk fotosintesis pada tanaman.

Pengaruh cahaya pada tanaman berdasarkan : Intensitas Cahaya. Intensitas cahaya merupakan banyaknya quantum atau photon jatuh pada suatu areal atau didefinisikan secara sederhana adalah banyaknya total cahayaa yang diterima tanaman. Intensitas cahaya ini berbeda menurut hari, musim, jarak dai ekuator.


Intensitas cahaya optimum berdampak pada laju fotosintesis yang meningkat dan respirasi yang rendah dan berefek pada cadangan sakarida melimpah.

Jika intensitas cahaya yang diterima tanaman rendah akan berdampak pada tanaman seperti :
  1. Jaringan tiang atau palisade sedikit,
  2. Jaringan bunga karang sedikit,
  3. Ruang interseluler besar,
  4. Urat-urat daun banyak mengandunga air.
Dan pada intensitas cahaya yang tinggi berakibat pada klorofil berkurang shingga daun berwarna hijau kekuningan. Absorpsi cahay rendah berakibat pada laju fotosintesis menurun disebut SOLARIZATION.

Ketika suhu daun meningkat berakibat pada transpirasi berlebihan, laju absorpsi air menjadi tidak seimbang, sel penjaga hilang, stomata akan menutup, fotosintesis akan menurun dan respirasi berlangsung terus. Dan juga terjadi sun burn pada buah dengan warna bunga pudar.

Cahaya pada Tanaman Hidroponik
Pengaruh cahaya selain intensitas cahaya adalah adalah kualitas cahaya dan lama penyinaran atau photoperiodism.



10 comments

kalau tanaman hidrponik ngga kena sinar matahari mati ngga gan?

Kalau sama sekali tidak kena matahari bisa mati, jika kurang penyinaran bisa kutilang (kurus tinggi langsing) dan pertumbuhannya kurang bagus. Sinar matahari (cahaya) berguna untuk proses fotosintesis jika tidak mencapatkan cahaya mencukupi bisa menggunakan lampu yang membantu fotosintesis tanaman.

semoga jadi amal ibadah pak.ilmunya sangat bermanfaat.

Pak, untuk tanaman yang kurang memungkinkan terkena sinar matahari, apa bisa pertumbuhannya dimaksimalkan dengan menggunakan grow light? Untuk warna lampu nya sendiri yang paling cocok untuk pertumbuhan tanaman apa y pak? Tks

Bisa Pak tapi untuk growlight yg bagus biasanya mahal. warna mendekati warna cahaya matahari atau biasanya menggunakan biru merah dan kuning.

Bisa Pak tapi untuk growlight yg bagus biasanya mahal. warna mendekati warna cahaya matahari atau biasanya menggunakan biru merah dan kuning.

mas untuk pemakaian growlight lamp pada tanaman sayuran min brp jam y shari

berapa lama harus terkena simat...???

apakah tanaman hidroponik harus terkena sinar matahari secara langsung, bagaimana jika tanaman hanya terkena cahayanya saja (di teras rumah)?, thk

Back To Top