Budidaya Tanaman Hidroponik

Informasi lengkap tentang cara budidaya tanaman secara hidroponik

Friday, June 19, 2015

Cara Budidaya Hidroponik Sederhana Disertai Contoh







Berikut Budidayahidroponik.blogspot.com akan menjelaska cara Budidaya Hidroponik Sederhana Disertai Contoh dan bahan peralatannya menggunakan peralatan yang mudah ditemukan di lingkungan kita. Peralatan yang ada di contoh gambar berikut tidak harus sama persis Anda dapat menggantinya dengan yang sekiranya sama persis fungsinya.

Cara Hidroponik Sederhana ini cocok untuk ruang sempit, mungkin di tempatkan dalam rungan (jangan lupa pencahayaanya diperhatikan), di teras depan, maupun di belakan rumah. Cara budidaya hidroponik ini menggunakan beberapa box plastik yang disusun pada rak besi dengan susunan ke atas atau bertingkat dan paling bawah tempat box untuk menampung nutrisi.

Cara budidaya hidroponik ini bekerja dengan mengalirkan nutrisi dari box penampung nutrisi di bagian bawah ke box plastik paling atas dan di teruskan dari box paling atas ke di bawahnya, dan seterusnya. Pada box tanaman hidroponik paling bawah akan meneruskan aliran nutrisi ke box penampung.

Budidaya Hidroponik
Cara Budidaya Hidroponik

Berikut sketsa beberapa perlengkapan yang dibutuhkan untuk membuat sesuai system gambar diatas. Peralatan berikut dapat Anda ganti dengan yang sesuai fungsi dan barangnya mudah didapatkan. Diantaranya adalah :

  • Rak Besi, siku dan baut-bautnya
  • Box plastik ukuran pendek untuk tanaman dan yang tinggi untuk penampung nutrisi hidroponik
  • Bak untuk semai
  • Nutrisi Hidroponik
  • Netpot
  • Media tanam (Rockwool atau Hydroton)
  • Penyemprot atau sprayer untuk menyemprot air ke tanaman semai
  • Selang untuk mengalirkan Nutrisi Hidroponik
  • Pompa air ukuran kecil (untuk aquarium)
  • Roda untuk bagian bawah rak agar bisa di geser-geser (optional)


Cara Budidaya Hidroponik
Cara Budidaya Hidroponik


Setelah semua peralatan kita dapatkan selanjutnya kita rancang dan pasang masing-masing perlengkapan tersebut. Lubangi tutup box plastik untuk netpot dan bagian tengah bawah untuk mengalirkan nutrisi ke bok bagian bawahnya dengan bor yang dilengkapi mata hole saw.

Cara Budidaya Hidroponik

Jika sudah diberi lubang, masukkan air ke box plastik untuk mengecek kebocoran yang tidak diinginkan. Jika terjadi kebocoran Anda dapat menambalnya dengan lem plastik (yang dibakar) atau lem besi pada lubang yang mengalami kebocoran.

Cara Budidaya Hidroponik

Setelah semua selai pasang pada rak (rakit) dan Anda siap memindahkan tanaman yang sudah siap untuk proses pembesaran hingga masa panen.

Cara Budidaya Hidroponik

Itulah Cara Budidaya Hidroponik Sederhana yang Disertai Contoh, semoga artikel tersebut bermanfaat. Berikut artikel lain tentang Cara Hidroponik Sederhana mungkin Anda tertarik, Klik Di Sini. Jika ada yang ditanyakan silahkan comment di bawah ini dan silahkan disebarkan ke teman-teman sesama penghoby budidaya hidroponik.




16 comments

Salam blogging Mba, mari kita berbagi ilmu yang bermanfaat...

Hallo... Mau tanya nih... Tanaman lecctuce hidroponik saya banyak yg mati karena tanaman terlalu berat lalu menarik akar dari nutrisi dan jatuh ke lantai... Gimana solusinya?

Mungkin harus diupgrade tempat tanamnya Pa agar lebih kuat menopang dan di kasih penopang, seperti tali yg diikat ke atas atau kayu/bambu. semoga membantu...

Mau tanya nih Pak.... pada saat penanaman dengan pot hidropnik, apakah akar tanaman nya terendam semua....?

trenedam semua juga ga apa-apa Pak kalau ada aeratornya( untuk gelembung udara). karena tanaman juga butuh oksigen, kalau tanpa aerator sebaiknya ga terendam semua.

terimakasih infonya.. artikel ini memberi info yang sangat menarik dan bermanfaat.
sebagai info tambahan, berikut adalah 10 jenis buah buahan yang paling bermanfaat bagi kesehatan manusia. Jika dikembangkan, petani juga bida dapat keuntungan lebih.

Trims mas Imam atas infonya, walau sy blm mencoba bercocok tanam dg hidroponik, tp sy sgt senang ada org yg mau berbagi ilmu dg detilnya menjelaskan teknis2nya seperti anda, karena tidak semua org bisa seperti anda yg mau betul2 berbagi ilmu, kebanyakan yg lain hanya orientasi bisnis semata. Sekali lg trims

Wah trimakasih juga Pa, ayo di praktekan Pa, heheh 👍

Mas sy udah mulai dikit2 hehee....sy mau tanya mas, pemberian nutrisi A dan B itu berapa hari sekali mas, dosisnya gimana ya mas imam.
Trims mas atas jawabannya

Kan nutrisi nya di larutkan ke air sesuai takaran Pa, biasanya ada di kemasan atau bs liat postingan nutrisi di blog ini. Nah air ini di cek jangan sampai habis. Misal, jika menggunakan sistem apung, sebelum air nutrisi berkurang, tambahkan lg, bs di cek 2 hari sekali, atau sesuai perkiraan aja Pa.

Informasinya sangat menarik dan bisa menambah wawasan. Mas Imam saya ada lahan 508 m2 di daerah Cipinang Elok, Jakarta Timur dan ingin mengajak kerja sama untuk memanfaatkan lahan tersebut dengan melakukan hydroponik. Jika Mas berminat bisa kirim email ke pancasepymarbella@gmail.com. Terimakasih Mas

Informasinya sangat menarik dan bisa menambah wawasan. Mas Imam saya ada lahan 508 m2 di daerah Cipinang Elok, Jakarta Timur dan ingin mengajak kerja sama untuk memanfaatkan lahan tersebut dengan melakukan hydroponik. Jika Mas berminat bisa kirim email ke pancasepymarbella@gmail.com. Terimakasih Mas

jika menanam secara hidroponik di teras tapi tidak mendapat sinar matahari langsung apa bisa hidup subur karena diatas atapnya dari spandek

Saya ingin berbagi kesaksian tentang bagaimana layanan pendanaan Le_Meridian membantu saya dengan pinjaman 2.000.000,00 USD untuk membiayai proyek pertanian ganja saya, saya sangat berterima kasih dan saya berjanji untuk membagikan perusahaan pendanaan yang sah ini kepada siapa pun yang mencari cara untuk memperluas bisnisnya project.the company adalah perusahaan pendanaan UK / USA. Siapa pun yang mencari dukungan keuangan harus menghubungi mereka di lfdsloans@outlook.com Atau lfdsloans@lemeridianfds.com Bpk. Benjamin juga menggunakan whatsapp 1-989-394-3740 untuk mempermudah segala pemohon.

Back To Top